Belajar Crontab dan Editor Vim sedikit Aja


Langsung Saja ke materi untuk membuat crontab (penjadwalan supaya program berjalan dengan otomatis).

disini saya akan membuat crontabnya di /etc/crontab dengan membuka file nya dengan editor vim jalankan perintah berikut di linux centos anda:

# vim /etc/crontab

maka akan muncul isinya seperti gambar di bawah ini:

Gambar

untuk memulai edit file crontab ini pada keyboard anda tekan tombol INS (insert) baru anda bisa mengedit file crontabnya kita lihat gambar dibawah setelah anda menekan tombol INS

Gambar

setelah muncul tulisan –INSERT– di pojok kiri bawah seperti gambar. kita arahkan dengan kursor ke baris paling akhir, enter dua kali untuk membuat jarak. lalu ketik crontab yang mau kita tambahkan . kita lihat gambarnya lagi dibawah ini:

Gambar

gambar di atas dimana kita membuat crontab dengan judul

# Tes crontab

30 23 * * * root rm /home/cumi/*

pada pukul 23:30 dimana akan mendelete file-file yang berada di folder /home/cumi

semua file yang ada di folder cumi akan didelete pada jam 23:30.

Jika telah selesai mengedit crontabnya kita tekan tombol ESC pada keyboard maka tulisan –INSERT– di pojok kiri bawah bawah akan hilang , liat gambar di bawah

Gambar

setelah kita menekan tombol ESC. baru kita bisa mensave atau tidak crontab yang baru kita edit tadi. jika anda tidak yakin atau yang anda edit acak-acakan. ketik :q! lalu enter. maka editan tidak akan ke save, masih berbentuk file asli. liat gambar dibawah ini untuk perintah :q! (keluar tanpa save)

Gambar

jika crontab yang anda edit yakin benar. save dengan perintah wq! lalu enter, seperti gambar berikut:

Gambar

kumpulan tentang crontab – crontab di link dibawah ini

https://www.dropbox.com/s/b14p29ek0anpcjr/crontab%20lengkap%20x.pdf

dan untuk editor vim kita liat tulisan dari blog sahabat dibawah ini:

Inilah perintah2 dasar yg wajib diketahui:

    :w tuk nge-save
    :w namafile tuk nge-save ke file baru (save as ..)
    :q tuk keluar dari vim
    :wq! tuk ngesave lalu keluar
    :q! tuk keluar dari vim dan dokumennya gak di save

Editing

Yang gw maksud dengan editing di sini adalah perintah2 tuk melakukan operasi yang biasanya ada di menu edit. Copy, Paste, Cut, dsb..

    :d ngapus 1 baris
    :y copy/yank
    dd ngapus 1 baris yang sedang dipilih
    yy ngopy 1 baris yang sedang dipilih
    p paste

Perintah ngapus (:d atau dd) bisa dipake sebagai operasi Cut juga. Soalnya teks yg dihapus akan dimasukkan ke “clipboard”.

Bagi yang mau ngulang2, hafalkan 2 perintah di bawah ini.

    u tuk undo
    ctrl+r tuk redo

Search and replace

Ini bagian yang menurut gw asik😀

Untuk nyari2, silakan berteman dengan tombol / (forward slash). Contoh penggunaannya:

/apa yang dicari

Kalau mau nyari lagi, gak usah nulis lagi apa yang mau dicarinya.. tinggal pencet / lalu enter. Kalau mau nyari ke belakang (mundur), pencet aja ? lalu enter.

Untuk ganti mengganti, silakan berkawan dengan perintah :s (s tuk substitute). Format penulisannya:

:s/yang diganti/pengganti/

Perintah ini akan nyari text yang mau diganti di baris yang lagi aktif lalu melakukan penggantian. Jika ada beberapa teks yang sesuai, cuma yang pertama saja yang diganti. Kalau mau semuanya dalam satu baris, tambahkan modifier g (global)

:s/yang diganti/pengganti/g

Bagi kamu2 yang ngerti regex perintah substitue ini akan sangat menarik😀 Bisa pake back reference juga.

:s/www.\+\s//
:s/\(satu\) \(dua\)/\2 \1/

Mindahin cursor

Yang paling sederhana ya tinggal pencet2 tombol arah atas, bawah, kiri, atau kanan. Page up, page down, home, dan end.

Kalau mau loncat2, cobain perintah berikut.

    :1 ke baris 1
    :$ ke baris akhir
    :100 ke baris 100
    ^ ke awal baris
    $ ke akhir baris
    w loncat 1 kata
    { atau } loncat 1 paragraf

Kombo

Perintah2 di atas cuma (kecuali tuk nyari2) berlaku tuk satu baris aja. Kalau mau beberapa baris, ya tinggal kasih tau mau dijalankan di baris mana aja.

Misalnya..

    :1,5:d tuk ngapus baris baris 1 sampai baris 5
    :.,$:y copy dari baris sekarang (.) sampai habis ($)
    5p tuk paste 5 kali
    5yy copy 5 baris dari baris saat ini
    :%:d tuk ngapus semua (%) baris
    :4,10:s/a/b/g ganti semua karakter a dengan b di baris 4 sampai 10 sebanyak satu baris penuh.

Liat polanya kan?

Ada lagi..

    d5w delete 5 words😀
    y$ copy sampe akhir baris
    d^ hapus sampe awal baris

Milih2 secara visual

Kalau ngeliat teknik kombo di atas, rasanya kalo mau ngopy (misalnya) mesti ngitung berapa baris yang mau di copy. Kalo males ngitung, mending teks yang mau diapa2in dipilih secara visual.

Caranya gini..

    v tuk milih2.. anggap aja kaya shift+arah.
    Shift+v tuk milih baris
    Ctrl+v tuk milih kolom

Dan setelah dipilih, silahkan dikombo lagi dengan perintah lainnya.. Misalnya setelah milih baris pakai shift+v, tinggal mencet d tuk ngapus. Atau :s/blah/apalah tuk ngereplace.

Warna-warni

Ini perintah2 yg berhubungan ama warna-warni

    :syntax on ngaktifin syntax highlighting
    :set syntax=php tuk ngasih tau si vim kalo dokumen yg dibuka adalah dokumen php
    :colorscheme evening make colorscheme “evening”. Pencet tab aja tuk milih2 yang ada.
    :set hls highlight search. ngasih warna tuk search keyword

Formatting

Beberapa perintah yg gw tau

    :set tw=75 ngatur satu baris maksimal 75 karakter. kalau lagi nulis, tulisan akan langsung dipotong2 sama si vim.
    :set ts=4 besar 1 tab = 4 karakter (visual aja)

Beberapa yang lain..

    :set ts=4 sts=4 expandtab kalau mencet tab, langsung diganti jadi spasi sebanyak 4 kali
    :retab abis ngejalanin perintah di atas lalu ngelanjutin dengan :retab maka setiap tab langsung diganti jadi 4 buah spasi.

Bagi yang suka ngoding

Selain ngewarnain dan ngasih tau format dokumen (biasanya si vim langsung ngenalin) ada beberapa lagi yang bisa nambah kenikmatan dalam ngoding.

    :set number nomor baris
    :set ai ai = autoindent = indentasi otomatis

Kalo 2 fasilitas itu mau dimatiin, jalanin aja :set nonumber atau :set noai.

Singkatan

Perintah2 di vim bisa disingkat2, contohnya..

    :set tw=X sama aja dengan :set textwidth=X
    :set ts=X sama aja dengan :set tabstop=X
    :colorscheme evening sama dengan :colo evening
    :set nonu sama dengan :set nonumber

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s